Kronologi Asmaragana

Kronologi

Mereka bisa menganggap salah saat muncul satu orang yang jatuh cinta diantara sepasang kekasih. Dianggap hina, dibilang kurang kerjaan, dan diumpat sampah. Cibiran perusak hubungan orang pun tak terelak. Semua nyata tanpa kasat mata. Tak terkecuali hati yang terus mengiris pedih dan bertanya “Apakah atas nama cinta semua ini salah?”
Saat itu seharusnya mereka berpikir, bukannya manusia dipercaya Tuhan untuk memiliki cinta, membagi, dan mendapatkannya? Mereka tak sadar jika lumatan kejam mulut mereka juga muncul dari sebongkah daging bernyawa yang disebut manusia.
Aturan, ya benar. Memang aturan yang mengharuskan cinta harus diberikan dan bisa disalahkan saat sinergi itu keluar dari lintasannya. Sama seperti seorang pelari yang keluar jalur dan dianggap diskualifikasi. Tapi sekali lagi, adakah perayaan diskualifikasi atas cinta?
Tuhan pun tahu jika cinta memberi kemampuan manusia untuk hidup, bernuansa dalam alam-Nya, dan sekali lagi, bisa memanusiakan manusia lebih manusiawi.
Namun, aturan tetaplah aturan. Cinta memiliki aturan yang terlegalisasi tanpa proses.
Kamu mencintai seseorang, dia mencintai kamu. Cukup. Itu aturannya.
Dan saat orang yang tak berhak mencintai di saat dua jiwa bercinta…
Itu salah…
Melanggar…
Dan tak dihormati…

Bodohnya, ada orang yang seperti itu. Entah dengan berbagai alasan yang bergelayut merdu di ekornya. Tapi hal itu tak menghindarkan sesuatu yang sudah hina untuk lebih terhina lagi.
Dalam hal ini, itu salah kah?
Tabu kah?

Tapi terakhir kali yang perlu mereka tahu, pada saat semua terbuka, hanya satu cara yang bisa memberi kekutan untuk memahami kisaran yang membelenggu antara sepasang kekasih dan orang yang dianggap ‘tidak penting’

Mereka bermuara di danau yang sama…
Asmaragana.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s